Masjid Keramat

Kayu yang besar, berat dan keras membuat bangunan Masjid berdiri kokoh yang tidak dapat di telan masa...>>> "SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI" www.masjidkeramat.com ?<<<

so
WEBSITE MUSLIM LAINNYA
Al-Hawi
Forsan Salaf
Pejuang Islam
Islam Kita
Solusi Ummat
Inspirasi Hati
Surban
Majelis Ulama Indonesia
Majalah Cahaya Nabawiy
Forum Tanya Jawab
Milis Majelis Rasulullah
Alkisah
Pesantren Virtual
Rabithah Alawiyah
Tabloid Suara Islam
Thariqah Indonesia
Sufi
Habaib
Aswaja Network
Hidayah Islam
Nahdlatul Ulama
Majalah alKisah
so

so

MASJID BIRU TURKI

MASJID BIRU5

Mesjid ini disebut “mesjid biru” karena kubah penutupnya berwarna biru. Bangunan ini berada di Istambul Turki dan dibangun oleh Sultan Ahmed I pada tahun 1609 dan selesai pada 1612. Sultan Ahmed membangun Masjid Biru untuk menandingi bangunan Hagia Sopia buatan kaisar Bizantium yaitu Constantin I, Hagia Sopia berada satu blok dari Masjid Biru. Hagia Sopia dulunya adalah Gereja Bizantium sebelum jatuh ke daulah Turki Otoman pada tahun 1453 M . Masjid Biru memiliki 6 menara, diameter kubah 23,5 meter dan tinggi kubah 43 meter, kolom beton berdiameter 5 meter.

Masjid ini adalah satu dari dua buah masjid di Turki yang mempunyai enam menara, yang satu lagi berada di Adana. Kabarnya, akibat jumlah menara yang sama dengan Masjidil Haram di Mekkah saat itu, Sultan Ahmad mendapat kritikan tajam sehingga akhirnya beliau menyumbangkan biaya pembuatan menara ketujuh untuk Masjidil Haram. Yang menarik, sebuah rantai besi yang berat dipasang di atas pintu gerbang masjid sebelah barat. Di masa lalu, hanya Sultan yang boleh memasuki halaman masjid dengan mengendarai kuda, dan rantai ini dipasang agar Sultan menundukkan kepalanya saat melintas masuk agar tidak terantuk rantai tersebut. Ini dimaksudkan sebagai simbol kerendahan hati penguasa di hadapan kekuasaan Ilahi. 

Selain pemandangan yang indah, Istanbul memang dipenuhi bangunan cantik bersejarah. Tidak jauh dari Masjid Biru, terdapat museum Aya Sofia. Selain terkenal dengan keindahan arsitekturnya, Aya Sofia sangat unik karena sejarahnya, yaitu pertama dibangun sebagai katedral [pada masa Konstantinopel], lalu diubah menjadi masjid selama 500 tahun dan sejak pemerintahan sekuler Republik Turki menjadi museum sampai saat ini. Belum lagi istana Topkapi yang menyimpan beberapa peninggalan Rasulullah.

MASJID BIRU1 MASJID BIRU3

 

Masjid Biru, hingga kini, masih berfungsi sebagai tempat ibadah. Masuk dalam kompleks masjid terbesar di Istanbul ini, kita melewati taman bunga yang dilindungi pepohonan yang rindang. Sebuah tempat wudhu berderet di sisi depan masjid menyambut kita sebelum memasuki bagian dalam kompleks masjid.

Untuk menghormati masjid, wisatawan harus berpakaian sopan saat memasuki ruang masjid. Wanita harus mengenakan kerudung. Penjaga selalu siap mengingatkan di depan pintu masuk. Begitu sampai di dalam, sejumlah tamu Muslim melakukan shalat sunah masjid. Sementara sebagian lain memandang masjid dari bagian shaf belakang. Sebab, bagian depan hanya diperkenankan bagi mereka yang hendak bershalat.

Dari luar, tampaknya tak ada alasan karya arsitek Mehmet Aga yang dibangun pada 1609-1616 ini disebut dengan nama Masjid Biru. Barulah setelah kita masuk ke dalam, tampak bahwa interior masjid ini dihiasi 20.000 keramik dari Iznik — kawasan Turki yang terkenal menghasilkan keramik nomor wahid — berwarna biru, hijau, ungu, dan putih. Ornamen bunga-bungaan dan tanaman bersulur itu tampak sangat indah memendarkan warna biru saat ditimpa cahaya matahari yang masuk lewat jendela 260 kaca patri.
MASJID BIRU2 MASJID BIRU4
Terdapat pilar-pilar marmer dan lebih dari 200 jendela kaca patri dengan berbagai desain yang memancarkan cahaya dari luar dengan dibantu chandeliers. Dalam chandeliers diletakkan telur burung unta untuk mencegah laba-laba membuat sarang di situ. Dekorasi lainnya adalah kaligrafi ayat-ayat Al Qur’an yang sebagian besar dibuat oleh Seyyid Kasim Gubari, salah satu kaligrafer terbaik pada masa itu.
Elemen penting dalam masjid ini adalah mihrab yang terbuat dari marmer yang dipahat dengan hiasan stalaktit dan panel incritive dobel di atasnya. Tembok disekitarnya dipenuhi dengan keramik. Masjid ini didesain agar dalam kondisi yang paling penuh sekalipun, semua yang ada di masjid tetap dapat melihat dan mendengar Imam.
KOTA ISTAMBUL, TURKI

MASJID BIRU6

“Barangsiapa menuju masjid pada waktu siang hari atau malam hari maka Allah SWT akan memberikan jamuan hidangan baginya di surga pada setiap siang dan malam.” (HR. Muslim)

Puisi : MENCARI SEBUAH MASJID

Kawasan dan Kota yang terdekat :
Kota Sungai Penuh,16 Km
Kota Madya Jambi, 450 Km
Kota Madya Padang, 250 Km
Kota Madya Bengkulu, 400 Km
Danau Kerinci,  0,7 Km
Hutan Lindung TNKS,  1 Km
Gunung Merapi Kerinci, 50 Km
KAB. KERINCI SUMATRA ISLAND
MAP KERINCI SUMATRA MAP

KAWASAN :
Melayu Asean ?
Indonesia ?
Sumatra Jambi ?
Kerinci ?
Pulau Tengah ?
 MASJID KERAMAT
 MASJID KERAMAT
terletak  di tepi Danau Kerinci dan
  di kaki Gunung Raya kawasan hutan
  Danau Kerinci
  Airnya jernih, bersih dan sejuk

ACTIVITAS JAMA'AH MASJID KERAMAT
Peserta Ratib Saman
Video Ratib Saman
Gemuruh suara zikir

Kunjungi Halaman fb nya...
Masjid Keramat

Kampung Kamai

Do'a adalah Senjata bagi Jama'ah
SURAT AL IKHLASH
Video Jama'ah Menghadapi Musibah
Selalu Ingat ALLAH SWT

PERANG 1903 MENGHADAPI BELANDA MASJID KERAMAT BENTENG PERTAHANAN /Expeditie_naar_Korintji_naar_Korintji

TUAN GURU

Ritual Mengagah Harimau di Kerinci

DINDING MASJID KERAMAT
Dinding Masjid Keramat

 HOTEL KERINCI & PO.SAFA MARWA
Layanan Transportasi dan Penginapan
di Kota Sungai Penuh

HOTEL KERINCI & PO. SAFA MARWA

 DISEBUT KUBURAN KERAMAT ?
Ada 5 Kubur Istimewa; Kubur Monyang,
Kubur Pejuang, dan Kuburan Ulama

KUBUR MONYANG

W I B
WAKTU INDONESIA BARAT
jasa pembuatan website termurah

Hari Raya 'IdulFitri
Saling Mema'afkan
Di Tepian Sungai
Menghindari Penyakit
Mengenang Arwah

Powered by CMSimple| Template: ge-webdesign.de| html| css| Login

2